GUA8Gfr6BUdoBUG6BUW7GUWoBY==

Dampak Kehadiran Starlink di Indonesia, Ini Kata Pakar Telekomunikasi Ubaya

Dampak Kehadiran Starlink di Indonesia, Ini Kata Pakar Telekomunikasi Ubaya
Pakar Telekomunikasi Universitas Surabaya (Ubaya), Yohanes Gunawan Yusuf.

SURABAYA TERKINI - Kehadiran Starlink, layanan internet satelit milik Elon Musk, di Indonesia membawa angin segar bagi akses internet di wilayah terpencil.

Namun, di sisi lain, kehadirannya juga menimbulkan berbagai kekhawatiran, salah satunya terkait dampaknya terhadap provider lokal.

Pakar Telekomunikasi Universitas Surabaya (Ubaya), Yohanes Gunawan Yusuf, mengungkapkan kekhawatirannya tentang potensi polusi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh ribuan satelit Starlink di luar angkasa.

Hal ini dapat mengganggu frekuensi radio dan gelombang cahaya, serta berdampak pada kesehatan manusia dalam jangka panjang.

"Bayangkan, ribuan benda di luar angkasa kita. Nantinya bisa berdampak pada banyaknya 'limbah' satelit kalau satelitnya rusak dan mati," ujar Yohanes.

Kekhawatiran lain adalah terkait dengan kontrol dan keamanan data. Starlink beroperasi di bawah perusahaan asing, sehingga dikhawatirkan data pengguna tidak tersubjek pada regulasi dan hukum di Indonesia.

"Keberadaan Starlink ini perlu dikaji lebih mendalam oleh pemerintah, terutama terkait regulasi dan dampaknya terhadap industri telekomunikasi dalam negeri," imbuhnya.

Di sisi lain, Starlink juga menawarkan beberapa keunggulan, seperti teknologi yang lebih canggih dan jangkauan yang lebih luas, terutama di daerah terpencil yang belum terjangkau oleh provider lokal.

"Starlink unggul dari segi teknologi dibandingkan teknologi internet yang ada selama ini karena menggunakan phased array antenna. Ini adalah inovasi luar biasa di bidang elektro," jelas Yohanes.

Keunggulan ini berpotensi mengubah perilaku masyarakat dan industri. Masyarakat yang melek teknologi akan dengan cepat beralih ke Starlink, yang dapat memberikan dampak signifikan pada industri telekomunikasi.

"Namun, perlu kebijakan pemerintah agar ada kompetisi yang adil antara layanan internet lokal dengan Starlink," tegas Yohanes.

Pemerintah perlu merumuskan regulasi yang tepat untuk memastikan implementasi Starlink di Indonesia berjalan optimal dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, serta melindungi kepentingan nasional.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network