GUA8Gfr6BUdoBUG6BUW7GUWoBY==

Jelang Musim Pancaroba, Ini Trik Jaga Kesehatan Paling Efektif

 

Minum air putih menjadi salah satu alternatif jaga kesehatan
Minum air putih menjadi salah satu alternatif jaga kesehatan 
( Dok. Ist)

SURABAYA TERKINI - Jaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara sehingga musim pancaroba tetap sehat. 

Umumnya jaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai hal sederhana mulai dari olahraga hingga membiasakan hidup teratur. 

Ragam Cara Jaga Kesehatan Selama Masa Pancaroba

Berikut ini sejumlah cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama masa pancaroba atau peralihan musim:

1. Gizi Seimbang 

Agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan dapat melawan penyakit, diperlukan pola makan yang seimbang dan bergizi. 

Orang yang hidup dalam kemiskinan dan kurang gizi cenderung lebih rentan terhadap penyakit menular. Oleh karena itu, mengonsumsi banyak sayuran dan buah serta menghindari makanan cepat saji atau tinggi lemak sangat dianjurkan.

2. Perbanyak Cairan

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, kita juga harus menjaga konsumsi cairan harian. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi delapan gelas air setiap hari dan mengurangi konsumsi minuman bersoda, gula, atau kafein yang dapat menyebabkan perut kembung.

3. Tidur Cukup

Menurut Harvard Health, tidur yang cukup selama 7-9 jam setiap malam sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Saat tidur, tubuh dapat melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang kurang tidur selama satu malam saja dapat menurunkan kekebalannya hingga 70 persen.

4. Pengendalian Stress

Stres juga dapat berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh, terutama saat menghadapi peristiwa yang mengkhawatirkan atau ketidakpastian di sekitar kita.

Ada banyak cara untuk meredakan stres, seperti membaca, meditasi, yoga, mendengarkan musik, menonton, bermain dengan hewan peliharaan, atau bermesraan dengan pasangan. 

5. Olahraga

Olahraga dapat membantu menjaga fungsi tubuh dengan baik. Olahraga dapat mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel dalam melawan infeksi. 

Meskipun kita bekerja dari rumah, masih banyak gerakan yang dapat dilakukan seperti burpe, lunges, push-up, dan gerakan lainnya yang dapat memberikan latihan bagi seluruh tubuh tanpa peralatan. Endorfin dari olahraga juga dapat membantu mengurangi stres.

6. Jaga Kebersihan

Kita juga perlu menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar kita untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kita harus rutin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan membersihkan area tempat tinggal.

 Kita juga harus membersihkan sampah di selokan dan menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan pembawa virus dan bakteri, sehingga memudahkan kita terkena penyakit.

Nah itulah sejumlah cara yang bisa ditempuh agar kesehatan selama masa pancaroba terjaga dengan baik.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network