GUA8Gfr6BUdoBUG6BUW7GUWoBY==

5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman Dilakukan, Jangan Sampai Salah!

5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman Dilakukan, Jangan Sampai Salah!
Yoga sebagai salah satu olahraga untuk ibu hamil (Dok. Ist)


SurabayaTerkini.id - Selama kehamilan, menjaga kesehatan tubuh dan janin menjadi sangat penting. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tersebut adalah dengan melakukan olahraga ringan yang aman. 

Olahraga yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Melakukan rutin olahraga juga dapat membantu proses persalinan menjadi lebih lancar dan juga dapat membantu membuat Ibu hamil merasa lebih nyaman.

Namun, Ibu hamil harus selalu memperhatikan jenis aktivitas fisik atau olahraga yang aman selama kehamilan. 

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi olahraga untuk Ibu hamil yang aman dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Ibu dan janin.

1. Yoga 

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat baik untuk Ibu hamil. Olahraga ini bermanfaat untuk melancarkan pernapasan, melatih kelenturan tubuh, serta mendukung persiapan panggul Ibu saat proses melahirkan nantinya.

Olahraga prenatal yoga juga dapat membantu mengurangi nyeri pinggang pada Ibu hamil dan meningkatkan keseimbangan tubuh. 

Selain itu, yoga bisa juga membuat tubuh dan pikiran Ibu menjadi lebih rileks, sehingga Ibu akan terhindar dari stres.

2. Jalan Kaki 

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga ringan saat hamil. Olahraga ini cukup fleksibel karena bisa dilakukan di luar maupun di dalam rumah. 

Jalan kaki dapat melancarkan peredaran darah dan kerja jantung, serta membuat Ibu hamil tetap bugar.

Ibu hamil dapat membiasakan jalan kaki selama 30 menit per hari. Cobalah berjalan santai di sekeliling kompleks perumahan atau taman terdekat. 

Namun, pastikan bahwa trek atau jalanan yang digunakan untuk berjalan sudah aman dan nyaman.

3. Berenang 

Berenang adalah salah satu jenis olahraga untuk Ibu hamil yang juga direkomendasikan. Berenang dapat membuat massa tubuh menjadi lebih ringan, sehingga Ibu tidak mudah lelah ketika harus bergerak sambil menopang berat badan.

Berenang merupakan pilihan olahraga yang cocok bagi Ibu hamil karena aktivitas ini diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil, meringankan nyeri panggul, mual-mual, dan membantu mengatasi pembengkakan pada pergelangan kaki.

4. Senam Hamil 

Senam hamil adalah salah satu olahraga yang juga banyak diminati oleh Ibu hamil. 

Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan, stamina, serta kekuatan tubuh Ibu hamil.

Ibu bisa mencari instruksi senam hamil yang tersedia di internet. Namun, jika baru pertama kali, sebaiknya ikuti kelas khusus senam hamil yang dipandu oleh instruktur guna menghindari terjadinya cedera akibat kesalahan gerakan.

5. Latihan Jongkok dan Memiringkan Panggul 

Latihan jongkok dan memiringkan panggul adalah olahraga yang disarankan saat mendekati persalinan. 

Jenis olahraga ini biasanya direkomendasikan ketika usia kehamilan Ibu sudah memasuki trimester ketiga.

Latihan pose jongkok bermanfaat untuk membuka otot-otot panggul dan jalan lahir sehingga proses persalinan dapat berlangsung cepat. 

Sementara itu, latihan memiringkan panggul dapat membantu memperkuat otot-otot perut dan mengurangi nyeri punggung pada Ibu hamil.

Dengan melakukan olahraga yang aman selama kehamilan, Ibu hamil dapat memperoleh banyak manfaat bagi kesehatannya dan janin. 

Namun, sebelum mulai melakukan olahraga, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi olahraga yang aman bagi kesehatan Ibu dan janin.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network